Pembelajaran keterampilan merupakan satu aspek penting agar anak didik benar-benar mampu menguasai kompetensi keahliannya secara maksimal. Dengan pembelajaran keterampilan, maka anak didik mendapatkan bekal keterampilan terkait dengan keahliannya. Hal ini sangat penting dalam kehidupan anak setelah menyelesaikan masa belajar di sekolah.
Proses ini, jika hanya mengandalkan sarana yang ada di sekolah, tentunya terpaut jauh dengan kebutuhan di masyarakat industri. Oleh karena itulah, maka sekolah harus mengambil inisiatif untuk membawa anak didik ke perusahaan, ke masyarakat industri sehingga mereka mengetahui secara pasti apa dan bagaimana sesungguhnya yang dibutuhkan oleh masyarakat atas keahlian yang mereka pelajari.
Secara periodek, sekolah harus menyusun program sehingga ada jembatan penghubung efektif sekolah dengan masyarakat, apalagi jika ternyata mampu menjadi jembatan untuk mewujudkan tujuan belajar, yaitu generasi pencipta kerja dan bukan sekedar mencari pekerjaan..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar