Senin, 14 Februari 2011

Pendidikan Mengembangkan Kreativitas

Pendidikan adalah proses berkesinambungan yang harus diikuti oleh setiap orang untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Bahwa, sebenarnya setiap orang sudah mempunyai bekal potensi di dalam diri masing-masing. Tetapi yang sering terjadi adalah potensi tersebut tertimbun dalam diri dan tidak pernah muncul sebagai bentuk aktualisasi diri.
Potensi yang kita miliki seringkali hanya kita jadikan kosa kata dan tidak pernah kita ubah menjadi tindakan konkrit untuk menjalani kehidupan.Ini merupakan satu kelemahan yang selama ini selalu menjadi acuan kita untuk melakukan perubahan hidup. Kita tidak ingin kelemahan tersebut terus melekat dalam diri kita, oleh karena itulah, maka setiap saat kita berusaha melakukan perbaikan dan perkembangan serta peningkatan kualitas diri.
Sementara untuk dapat meningkatkan kualitas diri, maka proses pendidikan dan pembelajaran yang kita selenggarakan haruslah mengedepankan kreativitas dan berbasiskan pada kemampuan diri kita. Dengan pengembangan kreativitas ini, maka anak didik terbiasa mengedepankan potensi dirinya.
Maka, selenggarakanlah proses pendidikan dengan berbasiskan pada kreativitas untuk mengembangkan potensi diri secara maksimal, maka yakinlah tujuan pendidikan dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan hidup.

Tidak ada komentar: