Senin, 14 Februari 2011

Pentingnya Pendidikan Gender

Masalah Gender seringkali menjadi hambatan pada saat melakukan kegiatan, termasuk dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Tentunya hal ini sangat berpengaruh pada proses komunikasi dalam interaksi edukasi. Dalam hal ini, kita harus menyadari bahwa proses pendidikan dan pembelajaran hanya dapat dilakukan secara maksimal jika komunikasi terjadi secara bagus dalam interaksi personal maupun kelompok belajar.
Tetapi, dalam hal ini pemahaman atas pentingnya komunikasi dalam kelompok belajar sehingga untuk hal tersebut harusnya ada pemahaman atas pentingnya pendidikan gender. Bahwa dalam proses pendidikan dan pembelajaran masalah gender bukanlah hal yang begitu urgen jika harus dipermasalahkan.
Jika dahulu ada anggapan bahwa perempuan adalah orang kedua, maka sekarang anggapan tersebut sudah tidak relevan lagi. Perempuan dan laki-laki pada jaman sekarang sudah menempati posisi yang setara. Artinya apa yang dapat dilakukan oleh kaum laki-laki, maka para perempuan juga dapat melakukannya.
Oleh karena itulah, maka pendidikan gender seharusnya diberikan kepada anak didik dalam proses pendidikan dan pembelajaran sehingga mereka menyadari peran masing masing dalam kehidupan dan selalu bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan hidup.

Tidak ada komentar: