Jumat, 25 November 2022

BELAJAR BERBASIS PROYEK

Belajar merupakan satu upaya yang dilakukan secara sadar sebagai pertanggungjawaban moral terhadap perkembangan kualitas diri. Belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan sepanjang hayat dikandung badan. Dan, belajar merupakan konsekuensi atas keberadaan diri dalam kehidupan. Tujuan proses belajar adalah mengkondisikan diri untuk dapat menghadapi dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan. Aspek pengkondisiannya adalah 3 (tiga) kompetensi dasar, yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Berdasarkan 3(tiga) kompetensi dasar tersebut, maka dapat kita kembangkan menjadi kompetensi sesuai kebutuhannya. Jika tujuannya agar dapat membaca, maka aspek belajar kita pada kompetensi membaca. Jika tujuannya agar dapat menghitung, maka aspek belajar kita pada kompetensi berhitungnya. Begitulah, kita belajar sesuai dengan kebutuhan. Dengan, demikian, maka proses belajar harus dijalani atau dilakukan secara optimal. 

Aspek psikomotor sebagai modal aplikatif hidup.

Salah satu aspek penting untuk menghadapi hidup secara langsung adalah kemampuan psikomotor. Kemampuan inilah yang membuat kita berkemampuan untuk menyelesaikan permasalahan hidup. Keterampilan seseorang akan menentukan kualitas hidupnya di masyarakat. Mungkin banyak orang yang mempunyai kualitas kognitif dan afektif yang bagus, tetapi tidak mempunyai keterampilan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah kehidupan.

Aspek psikomotor merupakan aspek penting yang secara langsung memberikan kemampuan aplikatif kepada anak didik. Dengan kemampuan ini, maka anak didik dapat menangani secara teknis kewajiban-kewajiban hidupnya. Aspek psikomotor ini memungkinkan anak difik untuk melakukan berbagai kegiatan hidup dengan kemampuan yang dimilikinya. 


Tidak ada komentar: