Rabu, 03 Mei 2023

Menyoal Karakter Anak Didik

Pendidikan merupakan sebuah proses panjang yang harus dilakukan untuk mengembangkan ataupun memperbaiki kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Proses ini berdampingan erat dengan proses pembelajaran yang tidak dapat dilepaskan peranannya dalam kehidupan. Sepanjang hidup, proses belajar adalah niscaya. Tidak ada seorangpun yang tidak belajar sepanjang hidupnya. Hal ini karena sebenarnya hidup adalah belajar. 

Setiap saat kita harus belajar sebab setiap saat selalu ada hal baru yang kita hadapi dan membutuhkan penyelesaian. Permasalahan hidup tidak pernah berhenti menyerang kita. Dan, kewajiban kita adalah menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan sehingga hidup tidak mengalami kesulitan. Sementara itu, permasalahan hidup setiap saat berbeda. Oleh karena itu, kita harus dapat mengembangkan diri sehingga mampu menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut. Proses pengembangan diri dapat dilakukan dalam sebuah proses belajar. Sebab, belajar adalah sebuah proses untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan diri untuk menghadapi dan menyelessikan permasalahan hidup yang terus menerus menerjang.

Perubahan pola kehidupan berdampak pada pola karakter kita. Hal ini karena adanya aspek gesekan dan adaptasi. Setiap kehadiran pola baru dalam kehidupan, maka untuk dapat menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang timbul, diri kita secara otomatis melakukan penyesuaian. Ini merupakan kemampuan dasar setiap makhluk hidup, beradaptasi.

Perubahan Pola Tanggap Orangtua

Salah satu perubahan yang sangat esensial tetapi krusial adalah respon orangtua terhadap proses pembelajaran. Banyak orangtua yang masih setengah hati menyerahkan dan mempercayakan proses pendidikan dan pembelajarannnya ke sekolah, guru. Mereka kurang mendukung langkah pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Tidak jarang mereka bertentangan dan memprotes langkah pendidikan pembelajaran yang diterapkan dan menyalahkan guru.

Tidak ada komentar: