Selasa, 09 Juni 2009

Persiapan Kelulusan Kelas III

Rasanya, kita sekarang ini seperti telor di ujung tanduk atau kandungan yang sudah mencapai usia 9 bulan lebih. Sebentar lagi bakalan melahirkan atau kelahiran.Anak kelas tiga memang merupakan telor atau kandungan yang sudah siap-siap pecah dan menetaskan generasi baru yang tentunya diharapkan mempunyai tingkat kualitas yang benar-benar berbeda dengan yang sebelumnya.
Sekarang ini sudah tanggal 9 Juni 2009, sementara menurut program kegiatan telah dicantumkan bahwa pengumuman kelulusan kelas III SMK atau SLTA adalah tanggal 12 Juni 2009, kurang 3 hari lagi! Sudah siapkah hati kita masing-masing mendapakan kenyataan yang bakal terasji di meja makan kita??! Sudah siapkah kita menghadapi kondiis terburuk, hidangan terburuk dari proses Ujian Nasional yang sepanjang waktu selalu menjadi pergunjingan tiada habis, tetapi tetap saja dilaksanakan sebagai upaya untuk mendongkrak kualitas pendidikan di negeri ini. Eh, ternyata yang terjadi sangat jauh dari harapan. Alih-alih meningkatkan kualitas pendidikan, ternyata UJian NAsional tersebut telah menciptakan satu fenomena baru dalam dunia pendidikan! Fenomena yang justru menjijikkan bagi dunia pendidikan yang notabene merupakan dunia nilai positif bagi kehidupan.
Kita melihat dan mendengar bahwa pada tahun ini di daerah Ngawi dan Madiun ada dikabarkan ada sekolah yang muridnya tidak lulus 100% (padahal pengumuman kelulusan belum ada, eh mereka sudah tahu tidak lulus segitu????!) Mereka diberitahu tidak lulus sebelum waktu pengumuman yan sudah diprogramkan secara nasional! Aneh kan?! Dan yang lebih aneh lagi.. mereka diberikan kesempatan untuk ujian ulang!
Ini sebenarnya apa ya? Saat tahun lalu ada sekolah swasta yang muridnya tidak lulus 100% dinyatakan tidak lulus, eh dibiarkan saja mereka tidak lulus, sekarang ini ada sekolah negeri tidak lulus 100% (sekolah favorit), ternyata begitu gampang untuk diadakan ujian ulang? Adakah yang salah??

Tidak ada komentar: