Jumat, 05 September 2008

Belajar Efektif di Bulan Ramadhan

Ramadhan telah datang. Bulan penuh berkah kembali melingkupi kita dan kitapun berupaya sekuat tenaga untuk dapat memperoleh berkah dari Tuhan sebanyak-banyaknya dengan melakukan berbagai kegiatan keagamaan.
Salah satu kegiatan yang mampu memberikan berkah sebanyak-banyaknya adalah melaksanakan tugas kewajiban dengan sebaik-baiknya dan meningkatkan efektivitas maksimal sehingga mampu memberikan hasil maksimal.
Puasa bukan berati harus diam tepekur di kamar menunggu magrib!
Puasa adalah kegiatan aktif di dalam kediaman, artinya kita aktif melakukan kegiatan dengan menutup banyak pintu yang menyebabkan kita terlalu banyak mengobral kata atau laku tak berarti, bahkan cenderung negatif.
Di dalam pendidkan, kita tetap harus melakukan kegiatan aktif meskipun selama belajar kita banyak kehilangan tenaga untuk dapat menerima atau memberikan materi pelajaran sebaik-baiknya. Tetapi, di dalam hal ini kita tidak dapat begitu saja melakukan permakluman atas kondisi sebab jika hal tersebut kita lakukan, maka tidak bedanya dengan pemanjaan dan menjadikan kita sebagai orang-orang malas dengan kedok topeng 'berpuasa'.
Maka, lakukanlah kegiatan dengan sebaik-baiknya agar kita mendapatkan hasil semaksimalnya. Pendidikan harus maksimal dan jangan minimal!

Tidak ada komentar: