Kamis, 17 Juli 2008

Hari-hari Pertama Sekolah

Setelah kita disibukkan oleh urusan kelas tiga, maka selanjutnya yang terhampar di hadapan kita dan menuntut untuk segera ditangani adalah kegiatan penerimaan siswa baru atau PSB. kegiatan ini merupakan upaya kelanjutan dari proses pengelolaan sekolah secara berkesinambungan.
Penerimaan siswa baru dilakukan setelah proses penentuan kenaikan tingkat anak-anak. Proses ini dilakukan melalui ujian semester genap dengan segala konsekuensinya. Ujian semester ini merupakan penentu kelayakan anak didik menuju ke tingkat selanjutnya. Ini adalah upaya evaluasi atas segala hal terkait dengan proses pemelajaran yang sudah ditempuh anak didik selama setahun di tingkat bersangkutan. Dengan evaluasi ini, maka guru dapat menentukan kelayakan anak untuk melanjutkan ke jenjang atau tingkat selanjutnya.
Sekarang, setelah semua dilalui, anak-anak kelas tiga sudah lulus dan segala atribut bukti kelulusan diserahkan ke anak didik dan anak-anak kelas satu dan kelas dua sudah dinyatakan naik atau tidak naik ke jenjang tingkat selanjutnya, maka guru tidak pernah libur! Anak-anak mungkin setelah rap[ortan, mereka diberi kesempatan libur sambil menunggu saat daftar ulang sebagai peserta didik untuk jenjang tingkat berikutnya, maka guru tidak pernah libur!
Tetapi ini memang sudah konsekuensi dari tugas dan kewajiban, maka guru tidak pernah mengeluh capai dan sebagainya. Mereka tetap saja melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik, sesuai dengan ketentuannya.
Dan, hari-hari pertama sekolah merupakan hari yang istimewa sebab ada banyak wajah baru yang tampil, khususnya anak didik. guru-guru tingkat kelas bakal membimbing anak yang berbeda sehingga harus melakukan adaptasi terhadap aanak-anak tersebut.
Okey, selamat pada semua rekan guru dan semoga tugas dan kewajiban kita mengantarkan anak bangsa menuju pada peningkatan kualitas diri dapat tercapai secara maksimal.

Tidak ada komentar: